5 Smartphone Paling Dicari orang Indonesia

by

Konferensi teknologi Mobile World Congress (MWC) 2018 telah digelar di Barcelona, Spanyol. Berbagai perusahaan menampilkan prouk terbaru mereka, termasuk smartphone.

Di antara berbagai teknologi yang dirilis di gelaran MWC, ada lima smartphone yang mencuri perhatian warganet Indonesia dan paling banyak dicari di Indonesia. Apa saja?

Berikut adalah kelima smartphone yang paling dicari oleh warganet Indonesia di internet versi Google Trends–menurut keterangan Google Indonesia  Kamis (8/3/2018), pencarian sejak 1-7 Maret 2018.

1. Asus Zenfone 5

Di Indonesia, Asus Zenfone 5 menjadi smartphone paling banyak dicari setelah MWC 2018. Smartphone paling banyak diperbincangkan karena disebut-sebut punya bentuk mirip dengan iPhone X.

Kendati punya bentuk serupa, Zenfone 5 memiliki layar lebih besar dibandingkan iPhone X, yakni 6,2 inci.


2. Samsung Galaxy S9

Samsung Galaxy S9 menjadi smartphone kedua yang paling banyak dicari oleh warganet di Indonesia. Bahkan, smartphone ini juga menjadi salah satu perangkat paling dinantikan pada MWC 2018.

Ada beberapa hal yang dicari oleh warganet terkait dengan Samsung Galaxy S9, misalnya kemampuan merekam video super slow motion yang dapat merekam hingga 960 frame per second (fps) pada resolusi 720 piksel. Selain itu, fitur baru Galaxy S9, AR Emoji juga salah satu yang paling banyak dicari warganet.

Galaxy S9 sendiri mengunggulkan teknologi kameranya yang benar-benar diperbarui dibandingkan versi pendahulunya, Galaxy S8.

Salah satunya melalui kemampuan dual aperture pada lensa utamanya. Dengan demikian, Galaxy S9 bisa menghasilkan foto low light yang baik dibanding kamera smartphone lainnya. 


Nokia 8110

3. Nokia 8110/ Nokia Pisang

Nokia 8110 menduduki posisi ketiga dalam pencarian Google di kurun waktu 7 hari ini. Ponsel yang baru dirilis ulang dengan fitur-fitur yang telah diperbarui ini juga dikenal karena bentuknya yang seperti pisang dengan warna kuning cerah.

Ketenaran Nokia model ini juga melejit di tahun rilisnya karena kemunculannya di film Matrix yang sedang booming saat itu.

Meski mengusung desain dan tampilan yang serupa dengan seri lawasnya, Nokia 8110 4G LTE ini hadir dengan jaringan 4G LTE, sesuai dengan nama serinya.

Dikutip dari laman Android Authority, pengguna dapat membuka email, kontak, kalender, video call, dan tentunya menggunakan ponsel Nokia 8110 4G sebagai hotspot.


Sony Xperia XZ2

4. Sony Xperia XZ2

Siapa sangka, orang Indonesia juga ternyata banyak mencari tentang Sony Xperia XZ2. Sony memperkenalkan Xperia XZ2 sebagai smartphone flagship yang fokus pada sektor hiburan.

Xperia XZ2 hadir dengan layar full HD+ 5,7 inci dengan aspek rasio 18:9, serta speaker stereo depan yang membuat kualitas audio 20 persen lebih besar dibandingkan XZ1.

Smartphone yang bisa digunakan untuk merekam video 4K HDR dan memiliki kamera Motio Eye dengan pendeteksi senyum ini juga dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 845, Corning Glass 5, OS Android 8.0 Oreo dan baterai 3.180mAh.

Sony juga membekali Xperia XZ2 dengan kemampuan pemindaian 3D Creator untuk kamera depan, sehingga pengguna bisa membuat selfie tiga dimensi yang bisa diunggah ke Facebook dan digunakan sebagai avatar.


LG V30S ThinQ

5. LG V30S ThinQ

Smartphone yang juga dicari oleh pengguna internet Indonesia selama MWC 2017 adalah LG V30S ThinQ. Smartphone ini dibekali layar sentuh 6 inci dengan resolusi 1.440 x 2.880 piksel

Soal spesifikasi, smartphone ini didukung prosesor octa-core Snapdragon 835 dan hadir dengan RAM 6GB serta memori internal 128GB. LG V30S ThinQ memiliki kamera utama 16MP dan kamera depan 5MP.