5 poin agar komputer anda tidak terlalu panas

0
21

TeknoKecirit – Ketika kita menggunakan komputer ,kadang pengguna tidak memperdulikan keadaan komputer. Kadang baru beberapa jam dipakai komputer kok panas sekali (over heatink). Ketika anda mengalami hal demikian, sebaiknya anda cepat untuk mengatasinya.Karena komputer cepat panas adalah salah satu penyebab komputer anda tidak sehat. Selain kemungkinan tanda-tanda komputer terserang virus ganas, gejala terlau panas komputer anda akan berakibat komputer atau PC anda bejalan lambat/lelet, bahkan komputer sering mengalami crash.

Tentunya ini akan berakibat pada sensor pada komputer anda akan memaksa massa pada pendingin sehingga komputer  mati sendiri. Tentu hal ini tidak bisa di biarkan berlarut larut sehingga komputer kita tidak mengalami kerusakan permanen.

 

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika komputer anda cepat panas yang berlebihan:

 

  • Sebaiknya lakukan perawatan komputer anda secara rutin.Bersihkan dari debu dan kotoran lainnya. Jangan menganggap sepele terhadap debu, karena debu adalah sebenarnya adalah pembunuh yang komulatif sehingga tidak terlihat. Sehingga dapat menyumbat pendingin akibatnya pendingin berjalan lambat..Jadi untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya anda membersihkan secara berkala
  1. Mempertimbangkan upgrade power supply Anda. Ini akan terbatasnya aliran udara sehingga akan menyebabkan overheating.
  2. Evaluasi pengaturan hard drive anda.Karena hard drive akan menghasilkan banyak panas. Apabila anda mempunyai lebi dari satu hard drive, alangkah baiknya memliki ruang yang terpisah atau di beri jarak, agar sirkulasi lebih baik. Gantilah hard drive IDE dengan SATA. Pada saat penggantian hard drive pakai solid state Drive hard sebagi penggantinya.
  3. Mengurangi program yang sedang berjalan, untuk mengurangi panas CPU. Atau hentikan program yang tidak di gunakan atau hapus program yang tidak perlu.
  4. Ketika anda sedang menggunakan komputer ,gunakan kipas tambahan di belakang atau di samping cassing. Biasanya casing sebenarnya sudah mempunyai tambahan kipas di bagian belakang cassing, yang pungsinya untuk membatu menarik udara ke luar untuk menghindari menumpuknya debu pada power suply. Sehingga dapat menarik udara dingin masuk dan dapat mebantu sirkulasi CPU dan udara panas akan keluar kebagian belakang casing. Tapi akibatnya debu yang masuk akan bertabah. Jadi perlu adanya kipas tambahan dari luar.

Pengecekan Overheat 

Overheat akan mengakibatkan computer cepat hang . Coaba cek dengan cara melepaskan heatsink dan kpias.,lalu anda pastikan bagian bawah heatsink menempel dengan coore prosesor,dan pastikan kipas bekerja dengan benar. Bagian bawah heatsing harus dalam posisi kontak penuh engan CPU.Sebelum memasang heatlink ke prosesor lihat pelumas termal. Gunakan minyak thermal sucukupnya .

 

Media thermal hanya berpungsi untuk mengisi celah mikroskopis di antar core prosesor dengan heatsink. Jangan gunakan materi yang tik lazim untuk thermal anda.

 

Ketika anda memasang dan melepas harus bersabar.. janagan lupa untuk memastikan putaran heatsink mengarah ke atas.. Seandainya pemasangan sudah benar namun tetap panas , ganti heatsing dengan yang lebih besar atau permukaan logamnya lebih banyak.

 

Pastikan kipas dan heatsing telah di tancapkan pada pin yang memberi sumber daya dari power supply., sehingga kipas berputar kearah atas. Untuk mencegah over heatsink tempatkan komputer yang ada ventilasi udara untuk membantu masuknya udara dingin ke CPU.

Dengan melakukan tahapan di atas mudah-mudahan  over heat bisa teratasi dan sehingga dapat mempercepat kinerja komputer anda.

The post 5 poin agar komputer anda tidak terlalu panas appeared first on Informasi Update Teknologi.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here