5 Kesalahan di Pagi Hari yang Bikin Gagal Turun Berat Badan

by


Tahukah Anda bahwa Anda mungkin membuat kesalahan yang mencegah penurunan berat badan? Percaya atau tidak, kebiasaan di pagi hari memainkan peran yang sangat penting bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan dengan sehat.

Untuk alasan ini, penting untuk mengidentifikasi mereka dan, tentu saja, mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaikinya sebelum menjadi hambatan.

Berikut enam kesalahan yang mungkina Anda lakukan di pagi hari yang bisa gagalkan usaha turunkan berat badan,

1. Tidur “5 menit lagi”

Saat kita bangun tidur, sudah biasa merasakan kebutuhan tidur “hanya 5 menit lagi” agar bisa bangun dan merasa aktif.

Namun, ini bukan kebiasaan yang menguntungkan jika Anda mencoba menurunkan berat badan, terutama jika Anda terus memperpanjang waktu ini.

Di menit-menit ini Anda menghabiskan waktu dengan lebih banyak tidur daripada yang kita butuhkan untuk bisa sarapan enak atau melakukan sedikit olahraga.

Sebenarnya, yang ideal adalah bangun 15 menit lebih awal dari biasanya. Dengan cara itu Anda bisa mempraktekkan kebiasaan baik yang membantu memperbaiki tingkat metabolisme Anda.

Sama halnya, penting juga untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, tidak kurang dari 7 jam sehari.

2. Tidak menghidrasi tubuh Anda

Inilah salah satu kesalahan yang paling umum terjadi. Sayangnya, ini juga salah satu kesalahan yang paling berdampak negatif.

Selama istirahat, tubuh menggunakan cairan untuk banyak proses. Jadi, saat Anda bangun, Anda mengalami dehidrasi sampai tingkat tertentu.

Minum air putih di pagi hari, tepat setelah bangun dari tempat tidur, membantu mengonservasi kembali tubuh Anda sehingga bisa bekerja dengan baik sepanjang hari.

Manfaatnya untuk berat badan akan lebih besar lagi jika Anda menambahkan jus lemon atau tanaman herbal.

3. Tidak makan sarapan enak

Tidak cukup mendedikasikan waktu untuk sarapan yang baik adalah alasan utama diet penurunan berat badan.

Makanan pertama ini sangat penting untuk menjaga fungsi metabolisme yang sehat. Ditambah, itu juga makanan yang memberikan energi.

Mengganti sarapan pagi dengan kopi dan biskuit hanya akan memperlambat metabolisme dan mencegah berat badan Anda turun.

Hal yang sama berlaku bila Anda mengabaikan kepercayaan tentang “menghemat kalori”.

Sarapan yang baik harus mewakili 25 persen dari total asupan kalori harian Anda.

Ini harus mengandung protein, serat dan sumber karbohidrat. Selain itu, penting juga untuk menambahkan antioksidan dan, jika mungkin, sumber asam lemak omega 3.

4. Tidak mengatur waktu sarapan dengan baik

Kapan Anda sarapan juga banyak kaitannya dengan manfaat yang dapat diperoleh tubuh dan metabolisme Anda darinya.

Jika Anda memilih untuk tidak sarapan pagi, hormon kelaparan Anda akan aktif berlebihan. Kemudian, Anda mungkin akan akhirnya membuat pilihan makanan yang buruk.

Antara lain, ini membuat metabolisme Anda lebih lambat dalam membakar kalori dan lemak.


Agar metabolisme tetap aktif dan terhindar lelah di pagi hari, dianjurkan untuk makan cemilan di tengah pagi.

Makanan ringan ini memberi tubuh Anda dorongan energi dan nutrisi sehingga bisa terus bekerja tanpa masalah.

Masalahnya adalah banyak orang tidak memilih mereka dengan baik dan akhirnya makan makanan yang penuh kalori dan zat buatan.

Tidak ada gunanya makan roti, gorengan atau minuman penuh krim dan kalori. Yang ideal adalah makan buah dan sayuran, atau sereal gandum.

5. Tekanan di tempat kerja

Pada jam-jam pertama di hari kerja, biasanya terasa sensasi tekanan ringan karena semua aktivitas yang harus diselesaikan di siang hari.

Tidak tahu bagaimana cara mengelolanya dengan benar sehingga bisa menyebabkan terlalu banyak tekanan. Percaya atau tidak, ini juga bisa mempengaruhi rencana penurunan berat badan Anda.

Bila Anda sangat stres, tubuh Anda melepaskan kortisol dalam jumlah lebih banyak. Inilah jenis hormon yang, sekaligus mempengaruhi mood Anda, juga mengganggu metabolisme Anda. Paparan hormon ini secara terus-menerus dihubungkan dengan kecenderungan yang lebih besar untuk menumpuk lemak perut.

Apakah Anda membuat salah satu kesalahan ini di pagi hari Anda? Jika Anda baru saja mengidentifikasinya, cobalah untuk memperbaikinya sesegera mungkin sehingga tidak mempengaruhi berat badan Anda.

Kebiasaan sehat, terutama yang berkaitan dengan diet dan aktivitas fisik, adalah cara terbaik untuk mencapai hasil yang cepat dan permanen.