5 Browser Paling Ringan Untuk PC Spek Rendah dengan RAM 2GB

by
5 Browser Paling Ringan Untuk PC Spek Rendah dengan RAM 2GB

Menggunakan browser paling ringan untuk pc dengan spesifikasi memori yang minim, tentu menjadi kewajiban utama yang harus dilakukan. Selain tidak membuat computer lemot atau bahkan terjadi lagging, kegiatan berselancar internet bisa  berjalan lancer meski digunakan untuk membuka beberapa tab sekaligus. INFO SPECIAL

Jika Google Chrome dan Mozilla Firefox dikenal luas sebagai browser yang paling sering digunakan, ternyata masih ada beberapa jenis permaban web yang masuk kategori sebagai browser hemat ram pc. Bahkan, secara kualitas, browser tersebut tidak kalah cepat dan terbukti sanagt menghemat memory. Sangat Cocok dipakai pada computer jadul dengan besaran RAM 2GB. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah berikut ini. TIPS KESEHARIAN

Vivaldi

Salah satu permaban web yang juga menyandang predikat sebagai browser ringan untuk pc jadul ini, terbukti sangat ampuh dan terbukti lebih menghemat konsumsi penggunaan RAM computer. Browser Vivaldi yang dibuat oleh mantan CEO dari permaban web Opera ini, tidak mengalami kendala lagging atau perlambatan meski digunakan untuk membuka multitab. BERITA UNIK



Selain efektif untuk dijalankan pada komputer dengan spek rendah, browser Vivaldi juga dilengkapi sejumlah fitur yang tidak terdapat pada peramban web lainnya. Salah sarutunya adalah Notes. Jika pada Google Chrome dan Mozilla Firefox kita harus menginstall ekstensi tambahan seperti Evernote atau Onenote untuk mencatat, Vivladi telah siap dengan fitur Notes yang memang telah dipasang secara default pada browser.

Comodo Dragon

Selanjutnya, ada peramban web yang bernama Comodo Dragon yang juga sangat hemat penggunaan RAM saat digunakan. Hampir serupa dengan browser Vivaldi, peramban web buatan Comodo Group.Inc yang meluncur pada 2011 silam ini, sebenarnya merupakan web browser yang berbasis Chromium miliki Google Chrome. Hanya saja, Comodo Dragon berfokus pada desain antarmuka yang minimalis, namun tetap bertenaga layaknya Google Chrome.



Dilengkapi dengan standar kemanan yang melebihi bawaan Google Chrome, Comodo Dragon mempunyai fitur lain yang tak kalah dengan milik vivaldi browser pc maupun peramban web lainnya. Diantaranya adalah mampu menggunakan ekstensi yang sama dengan Google Chrome, mencegah terjadinya infeksi malware hingga penggunaan RAM yang lebih rendah dari Google Chrome berkat fitur built-in optimized.

Avant Browser

Salah satu browser paing ringan yang lebih hemat penggunaan  RAM adalah Avant Browser. Meski dalam proses developing-nya menggunakan mesin buatan Internet Explores (IE) milik Micrososft, kemampuannya disebut-sebut berada jauh dibanding browser standar bawaan OS Windows tersebut. Peramban web yang dilisensikan penggunaannya secara freeware ini, tergolong browser yang cepat dengan tampilan yang sederhana.



Browser canggih yang diciptakan oleh Anderson Che asal Tiongkok ini, kemudian dikembangkan oleh perusahaan Avant Force untuk meningkatkan kemampuannya. Terinspirasi dari browser Opera, Avant Browser ini telah dilengkapi beragam fitur yang dioptimalkan untuk kegiatan berselancar di dunia maya. Salah satunya adalah Flash Animation Filter yang mampu menghemat waktu load halaman agar bisa dibuka lebih cepat.

Mozilla Firefox Quantum

Peramban web yang merupakan pengembangan lanjutan dari Mozilla Firefox ini, dimilai telah banyak mengalami perubahan yang siginifikan pada mesinnya. Merobak sekitar 75% source code pada enggine web-nya, Mozilla Firefox Quantum menawarkan kecepatan berselancar didunia maya 2x lebih cepat daripada firefox biasa.



Selain lebih kencang, pada saat digunakan untuk tab stacking, Mozilla Firefox tetap berjalan dengan stabil. Didukung dengan desainnya yang cantik, Peramban web ini juga lebih hemat penggunaan RAM dan bahkan 30% lebih ringan dari Google Chrome. Yang terpenting, browser ini bosa beradaptasi dengan baik pada komputer spek rrendah dengan RAM 2GB.

Opera Browser

Salah satu alternatif lain untuk mencari browser yang ringan, tapi berkualitas setelah Mozilla Firefox adalah Opera Browser. Pasalnya selain populer pada platform web, peramban web yang juga termasuk browser ringan untuk windows 10 ini, juga dikenal populer sebagai mobile browser yang populer di perangkat Android, iOS, Blackbery dan bahkan SymbianOS milik Windows.



Salah satu fitur unggulannya adalah Battery Saver, dimana fitur ini mampu memberikan pengalaman menjelajah internet lebih lama untuk pengguna. Tak salah jika browser ini sangat cocok digunakan pada komputer jadul sekalipun dengan besaran RAM hanya 2GB. Fitur Blocks Ads yang menjadi bawaan browser, diklaim mampu menampilkan halaman yang bebas dari iklan yang sering membuat browser melambat.

Setelah melihat daftar peramban web diatas, memilih browser paling ringan untuk pc dengan spek rendah, bisa menjadi fokus utama sebelum memutuskan untuk dipasang pada komputer kita. Fitur penting seperti menghemat RAM dan mampu memberikan jaminan keamanan saat berselancar, bisa jadi pertimbangan utama untuk dipilih. Mengingat, daftar browser diatas bisa digunakan pada komputer jadul dengan spek RAM minim dengan besaran 2GB.