5 Aktivitas Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Kesepian

by

Satu kondisi yang paling umum dirasakan manusia namun juga dapat berakibat fatal pada kehidupannya, seperti depresi dan bunuh diri, adalah rasa kesepian. Rasa kesepian ini dapat timbul karena kepergian orang yang kita sayang, atau orang-orang di sekitar tidak dapat mengerti kondisi dan perasaan kita.

Tidak ada ukuran pasti seberapa lama rasa kesepian akan menghilang. Pada beberapa orang, rasa kesepian hanya berlangsung beberapa hari atau bahkan hanya beberapa jam. Namun pada beberapa orang lainnya, kesepian dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Tapi terlepas dari hal itu semua, semua orang berhak untuk menghilangkan rasa kesepian itu. Karena YOLO (You Only Live Once), maka jadikan hari-harimu sebagai hari-hari yang menyenangkan. Kamu bisa melakukan aktivitas ini ketika kamu merasa kesepian, seperti di bawah ini.

1. Bertemu dengan teman lama

Kamu bisa menghubungi temanmu yang sudah lama tidak bertemu, baik dengan bertatap muka secara langsung atau melalui medsos. Cara ini efektif karena kamu dan temanmu bisa mengingat kembali kejadian-kejadian seru yang pernah kalian lakukan bersama.

Selain itu, kamu juga bisa mengulang kejadian-kejadian seru lainnya bersama teman lamamu. Sehingga hubungan kalian menjadi lebih dekat seperti sebelumnya.

2. Membaca buku

Membaca buku dapat membantumu mengalihkan pikiran dan duniamu. Sehingga rasa kesepianmu juga berangsur menghilang. Kamu bisa memilih membaca buku dengan genre favoritmu atau buku-buku yang bertemakan fun.

Kamu bisa membayangkan dirimu menjalani kehidupan yang berbeda dengan kehidupanmu saat ini setelah membaca buku. Yang terpenting fantasimu tidak berlebihan dan tidak membuatmu semakin membenci hidupmu.

3. Berjalan kaki dan menikmati alam

Kamu yang sering berdiam diri di dalam rumah atau malah sebaliknya, sering keluar rumah karena dituntut pekerjaan namun jarang sekali melihat alam, maka kamu wajib untuk mencoba tips ini.Tidak perlu menghabiskan banyak uang atau waktu untuk pergi ke tempat destinasi wisata.

Kamu hanya perlu keluar rumah, berjalan-jalan di sekitar sambil melihat langit yang biru, hijaunya pepohonan, binatang-binatang yang beterbangan dan udara yang segar. Belajar mensyukuri apa yang kamu miliki akan membantumu menghilangkan rasa kesepian.

4. Tersenyum dan berbicara dengan orang asing

Jika kamu sedang memesan kopi, kamu bisa mencoba untuk mengajak ngobrol kasirnya. Tidak perlu terlalu panjang. Cukup menanyakan kabarnya atau mengucap kata semangat sembari tersenyum. Maka hal tersebut akan meningkatkan mood-mu dan juga mengurangi rasa kesepianmu.

Ingat, manusia adalah makhluk sosial. Maka berinteraksi dengan manusia lainnya adalah satu kebutuhan dasar manusia.

5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik termasuk cara yang ampuh untuk dilakukan saat kamu sedang merasa kesepian. Jika ingin melepaskan perasaan negatif dari rasa kesepianmu, kamu bisa mencoba mendengarkan lagu melow terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu bisa mengganti playlist-nya dengan lagu-lagu ceria, yang bahkan bisa membuat tubuhmu bergerak.

Semoga kamu gak kesepian jika melakukan kelima hal di atas.