30.000 Orang Turun ke Jalan Dukung Referendum Kemerdekaan Catalonia

by

kecirit.com – 30.000 Orang Turun ke Jalan Dukung Referendum Kemerdekaan Catalonia

kecirit.com – Sekitar 30.000 orang ikut serta dalam aksi demonstrasi di kota Spanyol, Barcelona. Mereka mendukung gagasan untuk mengadakan referendum mengenai kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Menurut kantor berita El Pais mulai dari Presiden wilayah otonom Carles Puigdemont Casamajo hingga manajer Manchester City dan mantan pelatih Barcelona Joseph Guardiola ikut dalam demonstrasi yang diadakan di bukit Montjuic, Barcelona.

“Satu-satunya jawaban yang mungkin adalah memilih. Kami di sini untuk menunjukkan bahwa pada 1 Oktober kami akan memberikan suara pada sebuah referendum untuk memilih masa depan kita bahkan jika pihak berwenang Spanyol tidak menginginkan kita,” kata Guardiola seperti dikutip dari Sputniknews, Senin (12/6/2017).

Pada hari Jumat, Puigdemont mengatakan bahwa Catalonia akan mengadakan referendum sepihak untuk kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober 2017, jika sebuah kesepakatan dengan pemerintah pusat untuk melakukan konsultasi dengan cara yang disepakati tidak akan tercapai. Puigdemont merujuk pada suratnya kepada Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy Brey pada tanggal 24 Mei, mengundang yang terakhir untuk memulai negosiasi mengenai persyaratan dan kondisi referendum.

Sebelumnya, pada tanggal 25 Mei lalu, Rajoy menolak untuk mengadakan pembicaraan semacam itu.

kecirit.com – Menanggapi pernyataan Puigdemont tentang mengadakan referendum secara sepihak, juru bicara pemerintah Spanyol Inigo Mendez de Vigo mengatakan bahwa Madrid akan melarang setiap usaha pemerintah Catalan untuk melakukan pemungutan suara.

Pada tanggal 9 November 2014, sekitar 80 persen orang Catalan yang mengambil bagian dalam referendum yang tidak mengikat mengenai status wilayah tersebut sebagai bagian dari Spanyol, memilih Catalonia untuk menjadi negara merdeka. Namun, pemilihan kemerdekaan itu tidak diatur oleh pihak berwenang Madridkitar 1 jam & 40 menit.

Baca juga “Diserukan Berperang oleh Politisi Senior Inggris, Spanyol Kaget”

kecirit.com – Pemerintah Spanyol mengaku terkejut dengan pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang politisi senior Inggris. Mantan ketua partai konservatif Inggris, Lord Howard menyerukan Inggris untuk berperang dengan Spanyol terkait dengan Gibraltar.

Howard menyatakan, Perdana Menteri Inggris Theresa May harus mengambil pendekatan yang sama dengan yang dibuat oleh Margaret Thatcher saat mengambil kembali kepulauan Falkland dari Argentina tahun 1982 lalu.

“Minggu ini, 35 tahun yang lalu, Perdana Menteri wanita lain mengirim satuan tugas di seluruh dunia untuk membela kebebasan kelompok kecil orang-orang Inggris terhadap negara berbahasa Spanyol lain. Dan, saya benar-benar yakin Perdana Menteri kami saat ini akan menunjukkan tekad yang sama untuk membela orang-orang Gibraltar,” ucap Howard.

Menanggapi pernyataan ini, Menteri Luar Negeri Spanyol Alfonso Dastis mendesak Inggris untuk bersikap lebih santai, dan berpikir dengan kepal dingin dalam menyelesaikan masalah Gibraltar.

“Pemerintah Spanyol sedikit terkejut dengan nada komentar yang keluar dari Inggris, negara yang terkenal dengan ketenangannyanya. Membandingkan Gibraltar dengan Falklands adalah mengambil hal-hal di luar konteks. Sepertinya seseorang di Inggris kehilangan ketenangan mereka,” ucap Dastis, seperti dilansir Russia Today pada Senin (3/4).

Pernyataan Howard sendiri muncul tidak lama setelah Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk memberikan Spanyol hak veto atas wilayah tersebut setelah Inggris resmi meninggalkan Uni Eropa (UE). Masa depan Gibraltar, sebuah pos Inggris  di ujung selatan Spanyol, memang telah menjadi sengketa besar sejak Perdana Menteri Theresa May mengajukan surat keluar resmi pada 29 Maret.

kecirit.com

The post 30.000 Orang Turun ke Jalan Dukung Referendum Kemerdekaan Catalonia appeared first on .

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *